MATERI KELAS 9F
Mengidentifikasi informasi/Isi Teks Tanggapan
Materi Bahasa Indonesia
Tanggal 2 Februari 2021
Kelas 9F
1. Tujuan Pembelajaran
Melalui
aktivitas belajar mandiri ini kalian akan dituntun mengidentifikasi
informasi/isi berupa kritik, sanggahan atau pujian, dan menyimpulkan isi teks
tanggapan. Akhirnya kalian dapat mengetahui model jenis teks tanggapan
(keberpihakkan). Selain itu kalian akan melakukan telaah pustaka agar lebih
memahami. Berdasarkan kegiatan belajar ini diharapkan kalian menjadi siswa yang
memiliki rasa ingin tahu dan mampu berpikir kritis.
2. Aktivitas Pembelajaran
Sebelum aktivitas belajar dimulai terlebih dahulu marilah kita berdoa semoga kegiatan ini menjadi sesuatu yang bernilai manfaat. Senang sekali mengetahui kalian tetap bersemangat melakukan proses belajar. Selalu bersyukur kepada Tuhan atas segala nikmat yang diberikan. Jagalah kesehatan mengingat saat ini coronavirus sedang mewabah. Lakukanlah perlindungan diri dengan cara rajin mencuci tangan memakai sabun, menggunakan masker, menjaga jarak, dan tetap di rumah.
Silahkan absen di link ini dulu: https://forms.gle/sb2mfv2xm6Rd4MPb9
3. Bahan Pembelajaran
Teks Tanggapan
Contoh
Keputusan pengetatan PSBB di wilayah Ibu Kota juga bagian dari prinsip mengendalikan penyebaran Covid-19 di DKI Jakarta. Dengan demikian masyarakat betul-betul bisa menjalaninya.Keutusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menarik waktu darurat dan memperketat PSBB dengan mempertimbangkan sejumlah faktor, yakni tempat tidur rumah sakit yang hampir penuh dan tingkat kematian yang tinggi.Kita harus menerima ini. Kita harus mundur selangkah untuk bisa melangkah lagi kedepan dalam kehidupan yang lebih baik, lebih normal," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adi Sasmito.
Dapat kita lihat bahwa Teks Tanggapan
adalah Sebuah teks yang isinya memberikan pendapat terhadap sesuatu atau sebuah
karya. Atau teks yang berisi respon atau masukan terhadap suatu hal yang
disampaikan oleh seseorang. Adapun tujuan teks tanggapan yakni untuk memilih
salah satu pernyataan yang lebih
tepat, karena pada teks tanggapan bisa berisi alasan
yang mendukung (pujian), memberikan masukan (kritis) dan yang menolak
(sanggahan).
Macam/Jenis/Model teks tanggapan ada tiga yaitu tanggapan persetujuan (pujian), tanggapan dengan memberi masukan
(tanggapan kritis) dan tanggapan
menentang (sanggahan). Teks Tanggapan bisa dijumpai pada kegiatan debat,
talkshow, kritik sastra, bedah buku maupun ulasan. Baik yang dilakukan secara
langsung maupun tertulis.
Syarat Utama Teks Tanggapan adalah objektif yaitu apa adanya berdasarkan fakta dan santun yaitu menggunakan bahasa yang baik, tidak menyinggung, tidak merendahkan, tidak mengejek, tidak menyakiti, dan tidak mencela.
4. Latihan
Bacalah tiga kutipan teks tanggapan berikut!
Teks 1
Karya ini sungguh merupakan mahakarya tiada tara yang berhasil menciptakan suasana keindahan alam Indonesia lewat sudut pandang yang sangat cemerlang. Komposisi disusun secara apik dan berhasil memuat semua keindahan yang ada di sana tanpa menjadi “berisik” dan tetap harmonis meskipun terhitung “rakus” dalam mengambil subjek lukis. Hal tersebut merupakan salah satu ciri khas dari Basuki Abdullah yang mampu menyulap suatu pemandangan rumit menjadi karya naturalis yang indah dan apik.
Teks 2
Bukan bermaksud
untuk menyalahkan pemerintah pusat, buktinya sebagian pemerintah daerah juga
malah membuat “keonaran” ditengah kondisi yang genting seperti ini. Diketahui
salah satu wakil ketua dewan perwakilan rakyat daerah malah menggelar dangdutan dalam iklim pandemi
yang tidak menentu ini. Selain itu, rasanya sebagian
masyarakat juga masih benar-benar mampu
mengikuti protokol kesehatan yang telah diterapkan. Awak media juga seakan
gemar memberitakan hal yang menyudutkan kesalahan suatu pihak dalam penanganan covid-19.
Pada akhirnya, jika kita terus menyalahkan salah satu pihak maka semua juga akan menjadi salah, akan ketahuan belangnya. Inti dari tanggapan saya mengenai kondisi ini adalah hal tersebut. Di tengah pandemi yang melanda ini seharusnya kita berhenti saling menyalahkan dan justru seharusnya bergotong-royong saling membantu untuk menanganinya melalui kebersamaan. Kebersamaan untuk kebaikan bersama pula.
Teks 3
1.
Sebenarnya
saya setuju dengan pilihan desain dan warna perabotan rumah ini. Tetapi akan
lebih baik jika
semuanya dibicarakan terlebih dahulu dengan pemilik rumah, bukan asal ambil keputusan.
2.
Saya
bukannya tidak setuju dengan pendapat kalian semua, akan tetapi pendapat kalian
itu seperti meninggikan
kelompok tertentu. Sebagai organisasi yang bertujuan membela masyarakat, akan
lebih baik jika kita mempertimbangkan segala sesuatu dari berbagai pihak.
3. Bukannya tidak ada dana untuk pelaksanaan kegiatan ini, namun tolong diperiksa lagi rincian anggaran yang dikeluarkan. Kami melihat ada beberapa kegiatan yang tidak masuk akal jika disesuaikan dengan dana yang dikeluarkan.
Setelah kalian membaca ketiga teks tersebut tuliskan informasi/isi, jenis teks tanggapan serta alasannya ke dalam tabel berikut!
Teks |
Informasi/Isi |
(sanggahan,
pujian atau kritikan) |
Alasan |
Teks 1 |
|
|
|
Teks 2 |
|
|
|
Teks 3 |
|
|
|
Untuk lembar latihanmu akan saya
kirimkan melalui wa group kalian, kemudian silakan kamu isi dengan cermat
kemudian kirim ke: http://bit.ly/Identifikasi_TeksTanggapan
5.
Refleksi
1. Apa yang sudah
kamu pelajari?
2. Apa
yang kamu kuasai dari materi ini?
3. Bagian
apa yang belum kamu kuasai?
4. Apa upaya kalian
untuk menguasai yang belum kalian kuasai?
5. Sebutkan hal
yang menarik dari aktivitas pembelajaran yang sudah kalian lakukan! Berikan alasannya!
6. Sebutkan hal yang tidak menarik dari aktivitas pembelajaran yang sudah kalian lakukan! Berikan alasannya!
Kerjakan Refleksimu di link : https://forms.gle/sPevvthDjPdX1H5u8
6.
Penutup
Dengan demikian,
kalian telah memahami teks tanggapan yang merupakan pujian, kritikan maupun
sanggahan.
Kegiatan
pembelajaran hari ini telah selesai, jangan lupa mengucapkan syukur. Semoga
pembelajaran kali ini dapat meningkatkan kecakapan hidup dan meningkatkan
kreativitasmu dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
Jangan lupa
absen dan pekerjaanmu akan saya rekap pada pukul 12.00, terima kasih.
SELAMAT BELAJAR!
Komentar
Posting Komentar